Sebanyak 10 Unit Sumur Bor Aliri Kabupaten Kendal

Kementerian ESDM baru saja menyelesaikan pembangunan sumur bor air bersih di Kabupaten Kendal.
Sebanyak 10 Unit Sumur Bor Aliri Kabupaten Kendal
Kabupaten Kendal/ ihategreenjello

Kendal, Nusantaratv.com - Kabupaten Kendal merupakan salah satu daerah sulit air bersih di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kendal menjadi salah satu sasaran pembangunan sumur bor air bersih yang disediakan oleh Kementerian ESDM.

Tercatat 10 unit sumur bor telah dibangun di wilayah Kendal, melayani lebih dari 33 ribu jiwa penduduk di kabupaten tersebut.

"Hingga Agustus 2019, di Kabupaten Kendal telah sepuluh unit sumur dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 706.406,4 m3 per tahun dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi 33.257 jiwa penduduk," ujar Widyo Sunaryo, Staf Khusus MESDM Bidang Polhukkam dan Antar Lembaga, Kementerian ESDM di Kabupaten Kendal (20/9/2019).

Baca Juga: Kementerian PUPR Kirim Bantuan Air Bersih di Kawasan Gunung Kidul

Ketiga sumur bor yang diresmikan hari ini berlokasi di Desa Sudipayung, Kec. Ngampel, Desa Jambearum, Kec. Patebon, dan Desa Ngadiwarno, Kec. Sukorejo. Widyo menyebut, anggaran pembangunan tiga sumur bor tersebut sebesar Rp 1,2 milyar.

Sumur-sumur bor tersebut memiliki spesifikasi kedalaman 122 sampai 150 meter, pompa selam 3 PK, Pembangkit Genset 12 kVA, dan bak penampung berkapasitas 5.000 Liter.

Sampai dengan Agustus 2019, Kementerian ESDM telah berhasil membangun sebanyak 2288 unit sumur bor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan kapasitas debit air bersih mencapai sekitar 144,4 juta m3/tahun, yang dapat melayani sebanyak kurang lebih 6,6 juta jiwa.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
1
sad
0
wow
0