Stop Impor CPO Malaysia, Kini India Lebih Memilih Indonesia

Kritik PM Malaysia Mahathir Mohamad Terhadap India Berimbas pada Penghentiaan Impor CPO asal Negeri Jiran
Stop Impor CPO Malaysia, Kini India Lebih Memilih Indonesia
Seorang pekerja saat memindahkan hasil panen kelapa sawit/ Bloomberg

Jakarta, Nusantaratv.com - India secara mengejutkan menghentikan kegiatan impor minyak kelapa sawit (CPO) dari negara Malaysia. Hal itu dilakukan India menyusul pernyataan tidak sedap dari Perdana Menteri Mahathir Mohamad.

Seperti dilansir dari Reuters, Pemerintah India melakukan pembatasan impor dari negeri jiran disebabkan oleh kritik yang dilntarkan PM Malaysia terkait tindakan India di Kashmir dan Undang-Undang terkait Kewarganegaraan India yang baru.

Bahkan terpantau sampai saat ini, lima sumber industri asal India tidak melakukan pembeliaan minyak sawit mentah asal Malaysia.

Baca Juga: ICP Desember Kerek Realisasi ICP 2019 Menuju 62,37 Dolar AS per Barel

"Secara resmi tidak ada larangan impor CPO dari Malaysia, tetapi tidak ada yag membeli karena instruksi pemerintah," ujar seorang penyuling yang mengaku saat ini lebih memilih impor dari Indonesia meski harus membayar sedikit lebih mahal.

Perlu diketahui, India merupakan pemborong CPO terbesar di dunia. Oleh karena itu, langkah untuk tidak mengimpor minyak sawit lagi dari Malaysia, tentu akan membuat negeri jiran tersebut menekan harga minyak sawit.

Sementara itu, dari kejadian ini, tentunya bakal sangat menguntungkan untuk Indonesia dalam mengukuhkan diri sebagai produsen minyak sawit terbesar di dunia.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0