Kejar Tanam Padi, Merauke Jadi Lumbung Pangan Papua

Bupati Mengatakan Fredirikus Gebze Bahwa Merauke Lumbung Pangan Papua Kejar Tanam Padi
Kejar Tanam Padi, Merauke Jadi Lumbung Pangan Papua
Ilustrasi panen padi/ Kementan

Merauke, Nusantaratv.com - Kabupaten Merauke, wilayah paling ujung timur Indonesia dan merupakan wilayah perbatasan Indonesia-PNG mulai melakukan percepatan tanam di beberapa wilayah. Hal ini sebagai tindak lanjut  partisipasi Bupati Merauke dalam gerakan tanam padi dan jagung serentak se-Indonesia yang dicanangkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, melalui video confrence di ruang Agriculture War Room. 

Bupati Merauke Fredirikus Gebze,  kala itu didampingi beberapa pejabat  turun langsung di lokasi panen padi dan melakukan penanaman padi di kampung Yabamaru Distrik Tanah Miring Kabupaten Merauke yang kemudian dilaporkan kepada Mentan via video confrence.

Fredirikus menjelaskan lebih detail kondisi pertanaman di wilayahnya. Sasaran luas tanam di Kabupaten Merauke untuk Musim Tanam Tahun 2019/2020 (rendeng) seluas 36.155 Ha dan terealisasi tanam seluas 33.948 Ha. Belum tercapainya sasaran luas tanam itu disebabkan pengaruh iklim dimana curah hujan normal baru terjadi pada awal Februari.  Selain itu, kendala OPT yaitu serangan hama tikus dan burung juga menjadi penyebab tidak tercapainya sasaran luas tanam tersebut.

"Untuk itu saya instruksikan ke jajaran Dinas Pertanian dorong petani bisa segera tanam supaya kekurangan luas tanam dapat direalisasikan pada musim tanam gadu 2020,"  ujar Fredirikus pada Rabu (20/5/2020).

Adapun target luas tanam musim gadu 2020 seluas 25.341 Ha. Menurutnya strategi pencapaian luas tanam bisa ditingkatkan dengan memaksimalkan percepatan tanam dengan memanfaatkan air. 

Kabupaten Merauke dengan besaran luasan yang cukup luas dan produksi yang melimpah, yang mampu mensuplay beras ke wilayah-wilayah sekitarnya seperti Jayapura, Timika dan empat kabupaten pemakaran yaitu Merauke, Mapi, Boven Digul dan Asmat, namun mengalami kendala dalam penanganan pasca panen, sehingga diharapkan dukungan dan support Pemerintah Pusat.

“Harapan kami tindak lanjut pada momen yang lalu, guna mendukung peningkatan kualitas produksi di Kabupaten Merauke, kami membutuhkan alat pasca panen. Kami inigin mengajukan  bantuan alat combine harvester sebesar 60 unit supaya petani bisa kerja lebih mudah," ungkap Fredirikus.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0