Nissan Bakal PHK 20.000 Karyawannya

Penjualan Nissan di AS Anjlok Sebesar 29,6 Persen Menjadi 257.606 Unit Kendaraan Pada Kuartal Januari-Maret.
Nissan Bakal PHK 20.000 Karyawannya
Ilustrasi. (Cartimes)

Jakarta, Nusantaratv.com - Nissan Motor Co sedang mempertimbangkan memangkas 20.000 karyawannya secara global pada lini usaha mereka di Eropa dan beberapa negara berkembang.

Dilansir dari Kyodo, Sabtu (23/5/2020), Nissan saat ini tengah berupaya bangkit dari keterpurukan, akibat turunnya penjualan. Selain itu, Nissan juga dihadapkan pada masalah industri terkait pandemi virus corona (COVID-19).

Penyebaran global virus corona juga telah menyebabkan penangguhan pabrik domestik dan luar negeri Nissan. Hal ini mempengaruhi penjualan di pasar utama seperti Amerika Utara dan Eropa.

Menurut data perusahaan, penjualan Nissan di Amerika Serikat (AS) anjlok sebesar 29,6 persen menjadi 257.606 unit kendaraan pada kuartal Januari-Maret dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Virus Corona Masih Mengancam, Hajatan New York Auto Show 2020 Dibatalkan

Menurut Asosiasi Produsen Otomotif Eropa, registrasi mobil penumpang baru Nissan anjlok 38,7 persen menjadi 91.447 unit kendaraan dalam empat bulan hingga April dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada April saja, Nissan mengalami penurunan 86,2 persen menjadi 4.398 unit kendaraan. Jumlah ini lebih buruk dibandingkan pesaingnya, seperti Volkswagen dan Toyota Motor Corp di tengah pandemi virus corona.

Nissan mengatakan pada Juli tahun lalu akan memangkas 12.500 karyawan, 10 persen dari 140.000 tenaga kerjanya. Produsen mobil asal Jepang itu juga mempertimbangkan penutupan pabrik di Indonesia dan beberapa pasar negara berkembang lainnya.

Sumber tersebut mengatakan Nissan memprioritaskan pada pasar potensial, misalnya Amerika Serikat (AS) dan China dalam upaya memulihkan penjualannya. Mereka berencana mengurangi operasi bisnisnya di Eropa dan pasar negara berkembang, termasuk negara-negara Asia Tenggara.

Rencana pengurangan karyawan kemungkinan akan diumumkan berbarengan dengan konferensi pers strategi jangka menengah Nissan pada pekan depan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0