Penjualan Mobil Eropa Merosot ke Level Terendah

Sekitar 270.000 mobil terjual di seluruh blok pada bulan April, dibandingkan dengan 1,14 juta pada bulan yang sama tahun sebelumnya.
Penjualan Mobil Eropa Merosot ke Level Terendah
(dw)

Nusantaratv.com- Penjualan otomotif Eropa anjlok 76% di bulan April. Di Spanyol dan Italia, angka itu mendekati 97%. Pembuat mobil Jerman telah menyerukan kepada negara untuk menawarkan insentif keuangan yang besar bagi pembeli mobil.

Penjualan mobil di Eropa telah menukik tajam secara historis, menurut angka yang diterbitkan oleh Asosiasi Produsen Mobil Eropa (ACEA) pada hari Selasa.

Sekitar 270.000 mobil terjual di seluruh blok pada bulan April, dibandingkan dengan 1,14 juta pada bulan yang sama tahun sebelumnya - penurunan lebih dari 76%.

"Bulan penuh pertama dengan pembatasan COVID-19 di tempat mengakibatkan penurunan bulanan permintaan mobil terkuat sejak pencatatan dimulai," kata ACEA yang berbasis di Brussels dikutip DW.

Penjualan sudah turun pada bulan Januari dan Februari, kelompok melaporkan, dan kemudian turun sebesar 55% pada bulan Maret ketika penguncian terkait virus mulai diterapkan di seluruh benua.

Angka-angka bulan April turun dengan mengejutkan 97% di Italia dan Spanyol yang terpukul keras. Di Prancis, penjualan turun 88%.

Grup Volkswagen Jerman, yang juga memiliki Audi, Porsche, dan Skoda, di antara merek-merek lain, mengatakan penjualan mereka di Eropa turun 61% pada bulan April. 

Pada saat yang sama, pangsa pasarnya naik menjadi 28,8% dari 24,9% tahun sebelumnya. Pangsa pasar BMW yang berbasis di Munich juga naik dari tahun ke tahun, dari 5,9% menjadi 8,7%.

Industri otomotif adalah sektor utama dalam ekonomi Jerman, yang mempekerjakan lebih dari 850.000 orang dan merupakan bagian penting dari PDB negara tersebut. 

Dalam upaya untuk menyelamatkan penjualan mobil yang anjlok, dealer mobil adalah salah satu bisnis pertama yang diizinkan untuk membuka kembali menjelang akhir April ketika pemerintah Jerman mengumumkan pelonggaran pembatasan pembatasan yang lambat.

Pembuat mobil Jerman telah menyerukan kepada negara untuk membantu meningkatkan penjualan di tengah pandemi.

 Terutama, produsen mobil ingin pemerintah menawarkan insentif keuangan besar untuk pembeli mobil. Namun, pemerintah menolak memberikan jawaban yang pasti.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0