China Janjikan 2 Miliar USD untuk Bantu Dunia Melawan Virus Corona

selama pidato di sebuah virtual acara pembukaan sesi ke 73 Majelis Kesehatan Dunia (WHA),
China Janjikan 2 Miliar USD untuk Bantu Dunia Melawan Virus Corona
(Reuters)

Nusantaratv.com- China mengumumkan akan menyediakan US $ 2 miliar selama dua tahun untuk membantu pembangunan ekonomi sosial di negara-negara yang terkena dampak virus corona,  terutama negara-negara berkembang.

 Presiden Xi Jinping mengumumkan ini selama pidato di sebuah virtual acara pembukaan sesi ke 73 Majelis Kesehatan Dunia (WHA), badan pengambilan keputusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Mengingat bahwa negara-negara berkembang, terutama negara-negara Afrika, memiliki sistem kesehatan masyarakat yang lebih lemah, Xi mengatakan bahwa membantu mereka membangun kapasitas harus menjadi prioritas utama dalam tanggapan Covid-19.

Dia mendesak dunia untuk memberikan lebih banyak dukungan material, teknologi, dan personel untuk negara-negara Afrika.

Xi mengatakan Cina akan membangun mekanisme kerja sama untuk rumah sakit-rumah sakitnya untuk berpasangan dengan 30 rumah sakit Afrika dan mempercepat pembangunan kantor pusat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika untuk membantu benua meningkatkan kesiapsiagaan penyakit dan kapasitas kontrolnya.

Sejak wabah, Cina telah mengirim pasokan medis dan bantuan ke lebih dari 50 negara Afrika dan Uni Afrika, dan lima tim ahli medis Cina juga telah dikirim ke benua itu.

Xi juga mengatakan Cina siap bekerja dengan komunitas internasional untuk meningkatkan dukungan bagi negara-negara yang paling terpukul di bawah tekanan terbesar dari layanan utang sehingga mereka dapat diberi bantuan dengan kesulitan saat ini.

Dia mengatakan bahwa pengembangan dan penyebaran vaksin Covid-19 di Cina, jika tersedia, akan dijadikan barang publik global, sebagai kontribusi Cina untuk memastikan aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di negara-negara berkembang.

"Kita juga perlu terus mendukung penelitian global oleh para ilmuwan tentang sumber dan rute transmisi virus," kata Xi.

Dia mengatakan bahwa China mendukung gagasan tinjauan komprehensif tanggapan global terhadap Covid-19 setelah itu dikendalikan untuk meringkas pengalaman dan mengatasi kekurangan.

"Pekerjaan ini harus didasarkan pada sains dan profesionalisme, yang dipimpin oleh WHO dan dilakukan secara objektif dan tidak memihak," tambahnya dikutip China Daily. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0