Hubungkan Bengkulu – Lampung, Kementerian PUPR Bangun Jembatan Manula

Jembatan Manula jadi Jembatan Terpanjang Dalam Menyambungkan Akses Bengkulu – Lampung
Hubungkan Bengkulu – Lampung, Kementerian PUPR Bangun Jembatan Manula
Jembatan Manula/ PUPR

Bengkulu, Nusantaratv.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Padang Ditjen Bina Marga telah menyelesaikan Pembangunan Jembatan Manula yang menghubungkan ruas jalan nasional Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Lampung pada akhir 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Pemerintah memprioritaskan pembangunan infrastruktur konektivitas di berbagai wilayah untuk meningkatkan daya saing nasional dan pemerataan hasil pembangunan, sekaligus mengurangi disparitas antar wilayah.

“Daya tahan Indonesia sangat tergantung pada ketangguhan infrastruktur yang kita miliki, di kota, di desa, di kawasan pedalaman, di kawasan perbatasan, serta pulau-pulau terluar dan terdepan," ujar Menteri PUPR.

Sementara itu, Kepala BPJN III Padang H Aidil Fiqri mengatakan, terbangunnya Jembatan Manula tersebut secara otomatis membuat konektivitas semakin lancar, karena untuk mempermudah akses yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Lambung.

Baca Juga: Program Kementerian PUPR Tahun 2020 Fokus Dukung Infrastruktur Lima KSPN

"Alhamdulillah, masyarakat sangat senang dengan selesainya jembatan ini, bahkan sudah digunakan oleh pengendara yang melintas dan digunakan untuk berswafoto. Karena diapit oleh dinding tebing serta rimbunnya hutan lindung yang sedap dipandang," kata Aidil di Bengkulu, Kamis (6/2/2020).

Menurutnya, jembatan yang berada di Desa Tebing Rambutan Kecamatan Nasal dan diberi nama 'Jembatan Manula' tersebut dibutuhkan sekali untuk menggantikan jembatan lama yang posisinya berada di hilir, kondisi jalannya menanjak menikung tajam sehingga banyak terjadi kecelakaan terutama kendaraan besar dan bermuatan berat yang tidak sanggup menanjak.

"Selain itu, jembatan ini menjadi poros atau urat nadi yang menghubungkan antara Sumatera Barat - Bengkulu dan Lampung," ungkap Aidil.

Sebagai informasi, pembangunan jembatan dari awal dikerjakan hingga selesai dilaksanakan, Menghabiskan biaya keseluruhan Rp 168 miliar. Khusus tahun 2019, anggaran pembangunan jembatan menelan biaya Rp 20,4 miliar.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0